MENGENAL NOTASI MUSIK (BAGIAN 1)

  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat Pagi, Semangat Pagi. 
Halo Siswa-siswiku yang hebat, apa kabar? 
Semoga selalu hebat dan bahagia, aaamiiin. 
 

        Bagi siapapun yang sedang belajar tentang musik, harus bisa membaca not balok ataupun not angka. Karena itu termasuk salah satu kemampuan dasar untuk kamu belajar ke level yang lebih rumit. Mulai dari menyanyikan lagu atau memainkan alat musik. Kemampuan ini sangat berguna dan sangat bisa dirasakan manfaatnya apalagi ketika sudah lancar membaca dan menulis not, maka akan sangat mempermudah kamu untuk menciptakan sebuah komposisi aransemen atau saat ingin menciptakan sebuah lagu.

        Kita pahami dulu, bahwa not adalah simbol untuk tinggi nada tertentu. Ketika not itu dirangkai dengan irama tertentu lalu menjadi sebuah lagu yang biasanya kamu nyanyikan atau mainkan. Ada dua cara penulisan not, yaitu not balok dan not angka. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai ini yuk.

        Simbol not balok adalah bulatan-bulatan dengan tangkai yang membuat gambar tersebut tampak seperti huruf d atau p. Untuk menulis irama lagu, not-not itu dirangkai di atas lima garis yang disebut dengan garis paranada. Spasi antar garis itu menjadi ukuran durasi dan ketinggian nada not.

        Cara mudah untuk memahaminya adalah semakin tinggi atau naik posisi sebuah not maka akan semakin tinggi nada dan sebaliknya semakin turun atau rendah posisi not maka akan semakin rendah nada yang dimainkan.

            Ketika melihat bentk not, perlu kalian ketahui bahwa not juga memiliki nama pada bagian bagiannya. Berikut ini gambar bagian-bagian pada not balok :


         Untuk pemahaman singkat, setiap not memiliki harga. Jangan salah paham ya ini bukan harga memakai uang, tetapi harga not adalah menentukan berapa ketuk dari setiap not yang dimainkan.

        Not yang sering dimainkan adalah not penuh sampai not 1/32. Kita mulai dari awal ya, untuk not pertama disebut sebagai whole note atau not penuh. Gambar notnya hanya lingkaran saja tanpa bendera dan badan not tidak berwarna hitam. Lalu berlanjut ke not dengan harga half note atau not setengah. Disini sudah mulai ada tangkai tetapi badan not belum hitam. Berlanjut ke not quarter note atau not seperempat (1/4), disini sudah ada tiang dan warna not sudah hitam. Berlanjut ke not Eighthnote atau not seperdelapan (1/8) yaitu not yang memiliki “bendera” sebanyak satu buah. Not seperenambelas (1/16) memiliki dua buah “bendera”, dan not 1/32 memiliki tiga buah “bendera”. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini

    
        Itulah bentuk bentuk not balok yang berbunyi. Ada juga bentuk not yang tidak berbunyi yang di sebut tanda istirahat. tanda Istirahatpun memiliki nilai yang sama dengan not bunyi, ada yang diam selama 4 ketukan, diam selama 2 ketukan, diam selama 1 ketuk, 1/2, 1/4, maupun 1/8 ketukan. Seperti apa bentuknya, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

   
 
 
bagaimana penggunaan not balok maupun not diam dalam bermusik?. 
 
        Mari bersama-sama kita belajar, dimulai dari membuat ritmis dari not bunyi bernilai penuh dan not bunyi bernilai 1/2 yang kita terapkan pada birama 4/4. Birama 4/4 berarti dalam satu ruang birama terdapat 4 ketukan. Maka not yang diganakan harus berjumlah 4 ketukan tidak boleh kurang maupun lebih. Bingung ya??? langsung saja lihat gambar berikut.
        Gambar tersebut merupakan kerangka dasar yang nantinya menjadi tempat kita belajar menggambar not balok. Terdapat 3 garis birama yang diantaranya membentuk 2 ruang birama. Tanda birama 4/4 menandakan bahwa di dalam ruang birama hanya cukup untuk 4 ketukan. Apapun jenis not balok yang digunakan harus berjumlah 4 ketukan, tidak boleh lebih maupun kurang. Sebagai contohnya mari kita letakkan Whole Note ke dalam ruang birama 4/4. 

         Whole Note atau dngan nama lain not penuh adalah not balok bernilai 4 ketukan, maka hanya ada satu buah Whole Note di dalam ruang birama yang hanya cukup untuk 4 ketukan. Sudah ada gambaran?. Kita lanjutkan agar semakin jelas. Kita letakkan Half Note atau not 1/2 pada ruang birama 4/4 seperti pada gambar berikut.

 

       Half Note atau not 1/2 adalah not balok yang memilik nilai 2 ketukkan, atau jika dibunyikan sepanjang 2 ketukan. Ruang birama yang kita gunakan adalah 4/4 dimana hanya cukup 4 etukan, makan ada 2 buah Half Note atau not 1/2 untuk memenuhi ruang birama. Ini Matematika dasar kok. 2 ketukan + 2 ketukan = 4 ketukan. Berarti Ruang birama 4/4 yang memiliki 4 ketukan sudah dipenuhi oleh 4 ketukan not balok. Sudah paham?. Lalu bagaimana jika kita menggunakan Quarter not atau not 1/4 yang bernilai 1 ketukan?. Lihat saja gambar di bawah ini.


        Jika kita ingin menggunakan satu jenis not balok misalnya Quarter not atau not 1/4 yang bernilai 1 ketukan, maka harus ada 4 Quarter not seperti gambar di atas. Hitungannya menjadi seperti ini : 1 ketukan + 1 ketukan + 1 ketukan + 1 ketukan = 4 ketukan. Sudah paham ya?.

    Meskipun sudah paham mari kita lanjutkan dengan meletakkan Eighth Note atau not 1/8 yang bernilai 1/2 ketuk ke dalam ruang birama 4/4. Sebelumnya perlu kalian ketahui, jika Eighth Note adalah not balok yang memiliki satu helai bendera. Namun jika 2 buah Eighth Note bertemu maka akan berubah bentuknya. Silahkan perhatikan gambar berikut ini.

         Pasti kalian sering melihat bentuk 2 buah Eighth Note yang bergabung itu iya kan??. Nah lalu bagaiman jika 1 ruang birama 4/4 dipenuhi hanya menggunakan Eighth Note ?. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.


            Banyak ya?, ya memang seperti itu. Jika kita ingin memenuhi ruang 4 birama maka harus ada 8 buah Eighth Note yang nilainya 1/2 ketuk. Hitungannya seperti ini 1/2+1/2+1/2+1/2+1/2+1/2+1/2+1/2 = 4. Lalu seperti apa jika menggunakan Sixteenth Note atau not 1/16?. Duh Pak Irfan lelah membuat gambarnya. Lain kesempatan saja ya .... kita pelajari baik-baik  4 jenis not bunyi tersebut. Masih ingat namanya?

Whole Note (Penuh), Half Note (Not 1/2), Quarter note (Not 1/4), dan Eight Note (Not1/8

______________________________________________________________________

BISAKAH MELETAKKAN BEBERAPA JENIS NOT BALOK 

KE DALAM 1 RUANG BIRAMA ?

Jawaban : Bisaaaaaaaaaaa

_____________________________________________________________________

 

Markicob. Mari Kita Coba.

        Kita gunakan ruang birama 4/4 seperti yang sudah kita pelajari. Boleh menggunakan beberapa jenis dalam satu ruang, asalkan harus memenuhi ruang. Misalnya dalam 4/4 harus dan wajib berjumlah 4 ketukan  di dalamnya.  Kita coba letakkan beberapa jenis not ke dalam ruang birama 4/4. 

        Setiap ruang biramanya ada berapa jenis not balok??  Yups, ada 2 jenis not balok yaitu Half Note dan Quarter Note. Mau contoh lain??. Perhatikan gambar berikut ini.

      

     Terdapat 3 jenis not balok yaitu Half Note, Quarter Note dan Eighth Note. Kita sepakat ya, bahwa dalam satu ruang birama BOLEH diletakkan lebih dari satu jenis not balok asalkan harus sesua tanda biramanya. Jika 4/4 ya harus 4 ketukkan. Jika kurang atau lebih bagaimana? maka akan sulit dimainkan, dan kita sepakati bahwa itu sebuah kesalahan. Contoh sebuah kesalahan yang terjadi ada di gambar berikut.

   Ruang birama yang diberi tanda silang itu salah. Mengapa?, karena jika dijumlahkan lebih dari 4 ketukkan. Maka jika kita belajar menggambar not balok di dalam ruang birama harus hati-hati. Hal pertama yang harus diperhatikkan adalah Tanda Birama, kedua hafalkan nilai ketukkan masing-masing jenis not, ketiga harus bisa hitung-hitungan yaa. 

        Sampai di sini penjelasan dari pak Irfan semoga bermanfaat. Sebagai rasa terimakasih karena kalian sudah membaca materi tentang mengenal notasi balok ini, pak Irfan ingin mengajak kalian untuk mencoba menggambar not balok.    

 
    Silahkan kalian gambarkan 4 ruang birama dengan tanda birama 4/4. Lalu coba kalian gambarkan not balok sesuka kalian, boleh 2 jenis atau 3 jenis not balok, diacak letaknya. Perlu kalian waspadai, setiap ruang birama 4/4 harus berjumlah 4 ketukkan. Selamat mencoba.

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. 

Sampai jumpa kembali di postingan berikutnya, selalu jaga kesehatan dan kebahagian, jangan pernah lelah untuk belajar.


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Komentar

  1. Nama : Andrea Verina Nurul Amirah
    Kelas : 7E
    No.absen : 4

    BalasHapus
  2. Johan rizky surachmo
    Kelas=7H
    Absen=11

    BalasHapus
  3. NAMA;:MUHAMMAD FADLI KOUCHI RAHMAWAN
    KELAS:7D
    NO.ABSEN:23

    BalasHapus
  4. Nama:Zhey axa bintang mustika shaout
    Kelas:7B
    Absen:31

    BalasHapus
  5. Nama:kayla sayyidatul wafiyah
    Kelas:7c
    No absen:16

    BalasHapus
  6. Nama : Fatma Mutiara Nuraini
    Kelas : 7D
    No.Absen : 14

    BalasHapus
  7. Nama: Surya Dwi Listiana
    Kelas:7h
    Absen: 30

    BalasHapus
  8. Nama:RADISCHA KIRANA ARDINI
    KELAS:7B
    NO ABSEN:26

    BalasHapus
  9. Nama:Kinza Alkham Nawfal
    Kelas:7H
    No absen:13

    BalasHapus
  10. Nama: Mughni Marifa Putri
    Kelas: 7H
    No : 15

    BalasHapus
  11. Nama : Ahmad Rifan Putra
    Kelas/absen : 7C/3

    BalasHapus
  12. Nama:Ardian Dwi Afianto
    Kelas:7G
    No absen:2

    BalasHapus
  13. Nama : Elmi Ristiani
    Kelas : 7C
    No . : 11

    BalasHapus
  14. NAMA:MAULANA SEPRIYAN ALY SYABANA
    KLS:7A
    NO ABSEN:24

    BalasHapus
  15. Nama=Fatur Rizky G
    No =15
    Kelas=7D

    BalasHapus
  16. Nama : Hanafiyah
    Kelas :7b
    No.abs :17

    BalasHapus
  17. NAMA=ZIDAN DAMAR HAKAN UMAR
    KELAS 7A
    NO 32

    BalasHapus
  18. NAMA : ZAHRA MARYAM
    KLS : 7B
    NO.ABSEN : 30

    BalasHapus
  19. Nama:Alfian Arif Septiansyah.
    Kelas:7E
    No absen:1

    BalasHapus
  20. Nama:Aditya Nur Rahman
    Kelas:7A
    No Absen:5

    BalasHapus
  21. Nama= Alya Putri Malika
    Kelas/no=7C/7

    BalasHapus
  22. Nama:Aika Mahardeka Rani
    Kelas:7A
    No absen:07

    BalasHapus
  23. Nama : Delanaira Nazwa Muliana
    No.Absen : 10
    Kelas : 7D

    BalasHapus
  24. Nama:Vera Agustina
    Kelas:7C
    No Absen:32

    BalasHapus
  25. Nama:Dian Amalia
    Kelas :7A
    No.Absen:12

    BalasHapus
  26. Nama:basyar khairuddin najib
    Kelas:7a
    No. Absen:8

    BalasHapus
  27. Nama:Robiatun Nisa
    Kelas:7g
    No Absen:25

    BalasHapus
  28. Nama : Delanaira Nazwa Muliana
    No.Absen : 10
    Kelas : 7D

    BalasHapus
  29. Nama:Ryan Eka Rahmansyah
    Kelas:7F
    No absen:28

    BalasHapus
  30. Nama: Keisha Alvina Putri
    Kelas: 7C
    No absen: 17

    BalasHapus
  31. MUHAMMAD DARREL RABBANI , 7D , absen 22

    BalasHapus
  32. Destin aditiya. Kls : 7f. No : 8

    BalasHapus
  33. Nama: Ruth Sevilla Abelita Nidiya
    Kelas: 7e
    No: 28

    BalasHapus
  34. Nama:Aika Mahardeka Rani
    Kelas:7A
    No absen:07

    BalasHapus
  35. MIZAN TSALIS HILAL MAGHRIBI 7B/22

    BalasHapus
  36. Nama:Adi wimbo wiyogo
    Kelas:7A
    Absen:3

    BalasHapus
  37. Nama:Putri Ratna Marganingsih
    Kelas : 7a
    No Absen :27

    BalasHapus
  38. Nama:Syakura Putri revanika
    Kelas:7H
    No.absen:32

    BalasHapus
  39. Nama:Muhammad ahdan firdaus
    Kelas:7C
    No.absen:21

    BalasHapus
  40. Nama: Elisabeth Clarissa Putri A
    Kls: 7D
    No absen:11

    BalasHapus
  41. Nama:Salma Nur Amalia Rahman
    Kls:7D
    No:28

    BalasHapus
  42. ALFREDO IZZA RAMADHANI KELAS 7E ABSEN 03

    BalasHapus
  43. nama;anggit wicaksono utomo
    kelas;7g
    no absen;01

    BalasHapus
  44. Nama: Muhammad Abbi Kurniawan
    Kelas: 7C
    No.Absen: 20

    BalasHapus
  45. Nama:Lintang Putri Kirana
    Kelas:7C
    No:18

    BalasHapus
  46. Nama:Siti Mustafiroh
    Kelas:7G
    No.Absen:30

    BalasHapus
  47. Nama: Shovy Ahmad Ashfiya'
    No absen: 29
    Kelas: 7G

    BalasHapus
  48. Nama:Lintang Putri Kirana
    Kelas:7C
    No:18

    BalasHapus
  49. NAMA: MUTHIA HESTI KIREINA
    KELAS:7H
    NO:18

    BalasHapus
  50. Nama: Balqis Alif Salbania
    Kelas:7B
    No.absen:8

    BalasHapus
  51. NAMA:TRIYANA FEBRIYANTI
    KELAS:7D
    NO ABSEN:30

    BalasHapus
  52. NAMA :LAURA RISTIANI ANASTASYA
    KELAS :7B
    NO. ABSEN :20

    BalasHapus
  53. Nama: ALFIAN MAULANA
    Kelas:7E
    No absen:2

    BalasHapus
  54. Nama:savina Risqi Farhani
    Kelas:7f
    No absen:29

    BalasHapus
  55. Nama: Devira Anggi Gania Rahma
    Kelas: 7F
    No Absen : 10

    BalasHapus
  56. Nama:Rieke Adistyani
    Kelas:7H
    No.Absen:24

    BalasHapus
  57. Nama = Syafitri audytia
    Kelas = 7F
    No absen = 32

    BalasHapus
  58. NAMA : SYIFA AULYA LINTANG ASMARANI
    KELAS : 7E
    NO. A : 30

    BalasHapus
  59. Nama : Renita Septiana Putri
    Kelaz. : 7A
    Absen : 28

    BalasHapus
  60. Nama:AHMAD ZULFIKAR
    Kelas:7D
    No :2

    BalasHapus
  61. Nama. :Sugiyanti
    Kelas. :7A
    No absen. :29

    BalasHapus
  62. Muhammad Naufal Bima Syaputra
    Kelas 7G no.17

    BalasHapus
  63. Nama:Aisyah Ayunindya Maheswari
    Kelas:7B
    No absen:07

    BalasHapus
  64. Nama. : ayla lathifa islamey
    Kelas. :7G
    No. absen:6

    BalasHapus
  65. Nama:Rama Satrya Pradita
    Kelas:7C
    No absen:28

    BalasHapus
  66. Nama : Rahmat januartha nafi'u
    Keas : 7C
    Nomer absen : 26

    BalasHapus
  67. Nama:Safira Khairunissa
    kelas:7C
    no:29

    BalasHapus
  68. Nama: Adrian Satria Adyatma
    No absen: 3
    Kelas 7B

    BalasHapus
  69. Naura Rizky Athallah Safira 7E / 23

    BalasHapus
  70. Nama:Kayla latri arumsari
    No absen:19
    Kelas:7D

    BalasHapus
  71. Nama :Arya Dwi Setiawan
    Kls. :7B
    No. :5

    BalasHapus
  72. Nama: Ravendra Arya pratama
    No absen:28
    Kelas:7A

    BalasHapus
  73. NAMA: ALDO RIZKY
    No absen: 03
    Kelas:7A

    BalasHapus
  74. NAMA:RIDHO TULUS WICAKSONO
    No absen:28
    Kelas:7G

    BalasHapus
  75. NAMA: Talitha Linda Maheswari
    No absen:27
    Kelas:7H

    BalasHapus
  76. Nama:Beby Fatika Sari
    Kelas:7G
    No absen:6

    BalasHapus
  77. Nama:AL CHRISTIANO HARTANTO
    KELAS:7F
    NO ABSEN:2

    BalasHapus
  78. Nama : Yuanova Helga Azzahra
    Kelas : 7F
    Nomer absen : 34

    BalasHapus
  79. Nama:Nurul Azka
    Kelas:7F
    Nomer absen:26

    BalasHapus
  80. Nama: Arga ulya faiz
    Absen: 6
    Kelas: 7F

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasifikasi Alat Musik

TANGGA NADA

PARANADA